Selasa, 11 Juni 2013

abstraksi skripsi pendidikan bahasa arab

ملخص
مهارة اللغة تنقسم إلى أربعة أقسام : مهارة الكلام و مهارة الإستماع ومهارة القراءة ومهارة الكتابة. والمهارة التى يهتم بها الكاتب فى هذا البحث هي مهارة الكلام. لتقدير الطلبة على مهارة الكلام الجيد اعقد المدرس تعليم المحادثة لأنه يدخل على مهارة الكلام. فى تعليم اللغة العربية له أربعة جوانب الذى لابد من تمامه هى الفصاحة والاسالب والمفرداة والسرعة فى الكلام العربى. فان علم المدرس المحادثة الجيدة بخطواتها ولكن مهارة الكلام الطلبة كانت لا تزال ضعيفة.
وذلك يكون من الطريقة الاساسية معرفة المشكلات المنشودة. وإن من بيان ذلك قدم الكاتب مشكلات البحث فيما تالى: ما العوامل التى تسبب إلى ضعف مهارة الكلام عند الطلاب فى الصف الثامن بمدرسة الثانوية الإسلامية اصول الدين بلامبغان فنغحان لمفونج الجانوبية.
وأما نوع هذا البحث فهو البحث السكنى. ويكون السكنى لهذا البحث هم الذين  طلاب الصف الثامن فى المدرسة الثانوية الإسلامية اصول الدين بلامبغان فنغحان لمفونج الجانوبية, وكان عددهم أربع وعشرون طلبة.
وأساليب جمع البيانات المستخدمة هى الإختبار الشفوى كالمصدر الأول, وأمالمصدر الثانى فهو الملاحظة والمقابلة ووالثيقة, وهذه البيانات جمعها الكاتب ثم يقوم بتحليلها على سبيل التحليل بإستخدام الطريقة الإستقرائية وهى بداية التفكير من تقديم الوضع الخاصة إلى الوضع العامة.
وأخر فالكاتب يقوم بنتائج بحثه, إن العوامل التى تسبب إلى ضعف مهارة الكلام   عند طلاب الصف الثامن فى المدرسة الثانوية الإسلامية اصول الدين بلامبغان فنغحان لمفونج الجانوبية, هى عدم قدرة الطلاب فى التمكين على المفرداة وعدم ممارسة تدريب الناطقين باللغة العربية.


ABSTRAK
Bahasa Arab adalah suatu alat komunikasi yang ada di Jazirah Arab dan Asia Tengah. Bahasa Arab juga merupakan bahasa Al - Quran yakni kalam Allah SWT dan Hadist. Kemahiran bahasa Arab ada empat kemahiran yaitu kemahiran istima, berbicara, membaca dan menulis. Dari keempat kemahiran membaca tersebut yang penulis fokuskan dalam penelitian ini adalah kemahiran membaca.
Ada beberapa macam membaca teks bahasa Arab, di antaranya membaca intensif, membaca ekstensif, membaca keras, membaca dalam hati. Dari empat membaca tersebut, membaca keras masih banyak digunakan dibandingkan membaca yang lainnya dalam membaca teks bahasa Arab (materi Qira'ah) di MTs. GUPPI Sumberejo meskipun guru bahasa Arab sudah mengajarkan membaca keras secara optimal dan maksimal dengan langkah-langkah pembelajaran qira'ah namun kemahiran membaca peserta didik masih kurang. Hal ini yang menjadi salah satu pendorong utama untuk mengetahui permasalahan di atas. Agar dapat diketahui permasalahan secara jelas, peneliti mengajukan rumusan masalah sebagai berikut : "faktor - faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya kemahiran membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs GUPPI Sumberejo Kecamatan Sumberejo Kebupaten Tanggamus?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian populasi. Dan yang menjadi populasi adalah peserta didik kelas VIII MTs. MTs GUPPI Sumberejo yang berjumlah 36 peserta didik.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan sebagai metode primer dan sebagai metode sekunder adalah metode observasi, interview, dan data dokumentasi. Data yang terhimpun kemudian melalui pengolahan data. Penelitian meganalisi data yang ada dengan induktif, yaitu cara berpikir yang berangkat dan kesimpulan - kesimpulan khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum.
Kemudian dari hasil pengolahan dan penganalisa data, maka penulis menyimpulkan faktor - faktor apa yang menyebabkan kurangnya kemahiran membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs. MTs GUPPI Sumberejo di antaranya faktor linguistik dan faktor non linguistik.



 

D:\Logo\IAIN RADEN INTAN\LOGO IAIN LAMPUNNG WARNA BARU.jpgKEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
                                          Alamat: Jl. Let. Kol Endro Suratmin, Sukrame I Bandar Lampung, Telp. (0721) 703289
PERSETUJUAN
D:\Logo\IAIN RADEN INTAN\LOGO IAIN LAMPUNNG WARNA BARU.jpgJudul Skripsi           : FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs GUPPI SUMBEREJO KECAMATAN SEMBEREJO KABUPATEN TANGGTAMUS
Nama Mahasiswa     : Saifulloh
NPM                        : 0811020019
Jurusan                     : Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Fakultas                    : Tarbiyah

MENYETUJUI
Untuk di Monaqosyahkan dan di Pertahankan dalam Siding Munaqosyah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung
Pembimbing I                                                 Pembimbing II


H.A.Bukhari Muslim, Lc, M.A                                 Drs. Zulhanan, M.A
NIP.19621227996031001                                           NIP.196709241996031001

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Drs. Amiruddin, M.Pd.I
NIP.196903519960310003

 MOTO
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ
ù&tø%$# y7š/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈÏ%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
(Q.S. Al-Alaq : 1-5)[1]


PERSEMBAHAN

Kupersembahkan Skripsi ini kepada :
1.      Kedua orang tuaku tercinta Ayah Ma’ruf Isa dan Ibuku Maisaroh yang telah mengasuh, membimbing, serta mendidik putra-putrinya dalam suka duka, dan selalu berdo’a untuk keberhasilanku dalam menyelesaikan Study. Cucuran keringat dan pengorbanan serta do’a telah menghantarkanku menuju gerbang keberhasilan menyelesaikan Studi di IAIN Raden Intan Lampung.
2.      Kakak-kakakku dan seluruh Keluargaku yang tersayang yang selalu menanti keberhasilanku.
3.      Bapak. H.A.Bukhari Muslim, Lc, M.A Selaku Pembimbing I dan Bapak. Drs.Zulhanan, M.A. Selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan mencurahkan segala perhatian dalam penulisan Skripsi ini.
4.      Guru-guruku yang terhormat yang selalu membimbingku.
5.      Sahabat-sahabat terbaik ku dan seperjuangan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2008.
6.      Almamater IAIN Raden Intan Lampung


RIWAYAT HIDUP

Penulis (Saifulloh) Dilahirkan di Sumberejo Kecamatan Sumbereo, Kabupaten Tanggamus Pada Tanggal 19 November 1987, Putra dari Ma’ruf Isa dan Maisaroh.
Pendidikan dimulai dari Tahun 1994 di SDN 1 Sinar Mulya dan selesai tahun 2000, Kemudian melanjutkan di MTs GUPPI Sumberejo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus Tamat pada Tahun 2003, dan melanjutkan di Madrasah Aliyah Nasyirul Ulum selesai pada Tahun 2006.
Dan pada tahun 2008 Penulis (Saifulloh) melanjutkan Study ke IAIN Raden Intan Lampung Pada Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) hingga saat ini.


KATA PENGANTAR
Puji Syukur yang Sebesar-besarnya Penulis Haturkan kehadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan Taufiq dan Hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Kemudian Shalawat serta Salam penulis sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa ajaran yang paling sempurna, dan di antaranya yaitu mengutamakan kepada manusia untuk menuntut ilmu pengetahuan agar dapat dimanfaatkan dalam segala aspek kehidupan.
Dalam menyusun skripsi ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin agar dapat membuat yang terbaik, namun karena keterbatasan pengalaman dan kekurangan pengetahuan maka di sana sini masih terdapat kekurangan dan kelemahan-kelemahan. Namun demikian penulis berharap semoga skripsi ini menjadi suatu langkah awal bagi penulis untuk lebih meningkatkan serta memperbaiki langkah selanjutnya.
Penulis yakin bahwa skripsi ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan, bimbingan, petunjuk dari berbagai pihak, baik berupa materi maupun spiritual. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, maupun ilmu pengetahuan.
Dan teristimewa penulis ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yang Terhormat:
1.      Bapak Prof.  Dr. H. Syaiful Anwar, M.Pd Selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung
2.      Bapak H.A.Bukhari Muslim, Lc, M.A Selaku Pembimbing I yang telah memberikan saran dan motivasi sehingga terselesaikan skripsi ini.
3.      Bapak Drs.Zulhanan, M.A. Selaku Pembimbing II yang telah banyak mencurahkan waktu dalam memberikan bimbingan dan pengarahan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan sabar dan terbuka.
4.      Bapak dan Ibu dosen beserta Staf Akademik dan karyawan yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada penulis.
5.      Ibu. Mahmud Isa selaku Kepala MTs GUPPI Sumberejo yang telah membantu dan memberikan izin kepada penulis untuk mengadakan penelitian.
6.      Semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu kelancaran penyelesaian skripsi ini.
Demikian mudah-mudahan skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Dan semoga Allah berkenan melimpahkan balasan pahala yang berlipat ganda atas bantuan yang telah diberikan kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Amin Yarobbal Alamin.
     Bandar Lampung,    5 Juli 2012
Penulis


Saifulloh


DAFTAR ISI
 

HALAMAN JUDUL ...........................................................................................  i ABSTRAK        ii
HALAMAN PERSETUJUAN ............................................................................  iv
HALAMAN PENGESAHAN .............................................................................  v
MOTTO ...............................................................................................................  vi
PERSEMBAHAN ...............................................................................................  vii
RIWAYAT HIDUP .............................................................................................  viii
KATA PENGANTAR .........................................................................................  ix
DAFTAR ISI .......................................................................................................  xi
DAFTAR TABEL ...............................................................................................  xiii
DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................................  xiv

BAB I PENDAHULUAN
A.                                                                                                                                                                                                                                            Penjelasan Judul     1
B.                                                                                                                                                                                                                                            Alasan Memilih Judul          3
C.                                                                                                                                                                                                                                            Latar Belakang Masalah     3
D.                                                                                                                                                                                                                                            Rumusan Masalah              18
E.                                                                                                                                                                                                                                             Tujuan dan Kegunaan Penelitian     19
F.                                                                                                                                                                                                                                             Metode Penelitian              19

BAB II LANDASAN TEORI
A.                                                                                                                                                                                                                                            Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Membaca Teks Bahasa Arab .....................................................................  27
B.                                                                                                                                                                                                                                            Komseptual Kemahiran Membaca ...................................................................................................................  30
1.      Kemahiran Membaca ...........................................................................  30
2.      Tujuan Membaca .................................................................................  32
3.      Macam-macam Membaca ....................................................................  35
4.      Kesalahan dan Benar dalam Membaca .................................................  39
5.      Langkah-langkah Mengerjakan Materi Qira’ah atau Teks
Bahasa Arab ........................................................................................  43

BAB III PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A.     Sejarah Singkat Berdirinya MTs GUPPI Sumberejo Kecamatan
Sumberejo Kabupaten Tanggamus.............................................................. 51
B.     Keadaan Sarana dan Prasarana MTs GUPPI Sumberejo Kecamatan
Sumberejo Kabupaten Tanggamus.............................................................. 52

C.     Keadaan Guru dan  Tenaga Administrasi MTs GUPPI Sumberejo
Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus ...........................................  53

D.     Keadaan Peserta Didik MTs GUPPI Sumberejo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus            55

E.      Faktor - faktor Penyebab Kurangnya kemahiran Membaca Teks Bahasa
           Arab di MTs. GUPPI Sumberejo Kecamatan Sumberejo Kabupaten
           Tanggamus ..................................................................................................  55

BAB IV ANALISIS DATA
Tentang Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab MTs. GUPPI Sumberejo Kecamatan Sumberejo Kabupate Tanggamus dilihat dari segi aspek:  
a.                                                                                                                                                                                                                                              Makhroj    64
b.                                                                                                                                                                                                                                             Tanda Baca           66
c.                                                                                                                                                                                                                                              Kelancaran            67
d.                                                                                                                                                                                                                                             Bacaan Waqof       68
e.                                                                                                                                                                                                                                              Panjang Pendek     69

BAB V KESIMPULAN DAN PENUTUP
A.                                                                                                                                                                                                                                            Kesimpulan            74
B.                                                                                                                                                                                                                                            Saran         75
C.                                                                                                                                                                                                                                            Penutup     76

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

TABEL 1 ...... Hasil tes kemampuan membaca (Qiro’ah) peserta didik Kelas VIII MTs GUPPI Sumberejo      14
TABEL 2....... Jumlah siswa kelas VIII MTs GUPPI Sumberejo Kecamata Sumberejo Kabupaten Tanggamus             20
TABEL 3....... Jumlah ruang gedung MTs GUPPI Sumberejo Kecamata Sumberejo Kabupaten Tanggamus     52
TABEL 4....... Keadaan guru dan tenaga adimnistrasi MTs GUPPI Sumberejo Kecamata Sumberejo Kabupaten Tanggamus ......................................................................................... 53
TABEL 5....... Struktur Organisasi ............................................................................. 54
TABEL 6....... Peserta didik MTs GUPPI Sumberejo Kecamata Sumberejo Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2011/2012 ......................................................................................... 55
TABEL 7....... Penyajian data hasil tes Qiro’ah peserta didik kelas VIII MTs GUPPI Sumberejo Kecamata Sumberejo Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2011/2012 .................................. 59


DAFTAR LAMPIRAN

Surat Tugas Mengadakan Penelitian............................................................................. I
Surat Keterangan selesai mengadakan penelitian .......................................................... II
Kartu Konsultasi ......................................................................................................... III
Soal Tes Lisan Pra Interview ....................................................................................... IV
Soal tes Lisan penelitian .............................................................................................. V
Kisi-kisi kemahira membaca teks bahasa Arab ............................................................ VI
Kerangka observasi .................................................................................................... VII
Daftar nama peserta didik kelas VIII MTs GUPPI Sumberejo Kecamata Sumberejo Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2011/2012 ................................................................................................................. VIII



Materi Qiro’ah Untuk Prasurvey

أنشطتى فى المدسة
أَنَا فَوْزَانُ, أَناَ تِلْمِيْدٌ فِى الْفَصْلِ الثَّانْى مِنَ الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ. مَدْرَسَتِى مَدْرَسَةٌ كَبِيْرَةٌ لَهَا مَكْتَبَةٌ أَيْضًا. فِى الْمَكْتَبَةِ كُتُبٌ كَثِيْرَةٌ وَيَدْخُلُ فِيْهَا تَلاَمِيْذُ وَأَسَاتِيْذُ.




Materi Qiro’ah Untuk Tes Lisan

اَلْمِهْنَةُ
زَكِيَّةٌ اِمْرَأَةٌ نَشِيْطَةٌ. هِيَ تََعِيْشُ حَيَاةً سَعِيْدَةً قَبْلَ اَنْ يََّمُوْتَ زَوْجَهَا قَبْلَ سَنَتَيْنِ. تَرَكَ لَهَا ثَلاَ ثَة أَوْلاَدٍ وَإِبْنَةً وَاحِدَةًَ وَتَرَكَ لَهَا مَالاًَ قَلِيْلاًَ لَنْ يَّكْفِيَ حَيَاتََهُمْ بَعْدَ شَهْرَيْنِ. يُحْزِنُهَا اَنْ تُفَكِّرَ كَثِيْرًا. هِيَ الاَنَ مَسْئُوْلِةٌ عَنْ عَائِلَةٍ كَبِيْرَةٍ وَهِيَ لاَ تَمْلِكُ شَيْئاً مِنَ الْمَالِ لِتَعِيْشَ بِهِ.


Kisi-Kisi Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab

Variabel
Sub Variabel
Indikator
Kemahiran membaca teks bahasaArab

Membaca keras

a.       Peserta didik mampu melafalkan   makhraj dengan benar.
b.      Peserta didik mampu membaca sesuai tanda baca
c.       Peserta didik mampu membaca sesuai tanda waqaf
d.      Peserta didik mampu membaca sesuai dengan panjang pendeknya
e.       Peserta didik mampu membaca dengan lancar.



Kerangka Observasi

1.      Langkah - langkah yang disajikan guru bahasa Arab kelas VIII dalam menyampaikan materi Qira'ah
2.      Aktifitas peserta didik kelas VIII saat proses belajar mengajar di MTs GUPPI Sumberejo?
3.      Keterampilan membaca teks bahasa Arab dari aspek makhraj, tanda baca, bacaan waqaf, kelancaran dan panjang pendeknya.
4.      Keadaan sarana dan prasarana MTs GUPPI Sumberejo?



Kerangka Interview

A.     Untuk Kepala Sekolah MTs GUPPI Sumberejo
1.      Bagaimana langkah - langkah proses pembelajaran bahasa Arab di MTs GUPPI Sumberejo?
2.      Langkah - langkah apa yang dilaksanakan oleh guru bahasa Arab dalam Kemahiran membaca?
3.      Bagaimana keterampilan membaca peserta didik dari segi makhraj, tanda baca dan lain - lain?

B.     Untuk Guru Bahasa MTs GUPPI Sumberejo
1.      Apa yang ibu lakukan baik sebelum atau sesudah pembelajaran materi Qira'ah ?
2.      Apakah di dalam proses pembelajaran materi qira'ah, ibu terlebih dahulu merencanakan secara matang?
3.      Di dalam menyampaikan materi qira'ah, apakah ibu menggunakan media pembelajaran / alat peraga?
4.      Selama proses pembelajaran materi qira'ah berlangsung, apakah peserta didik selalu mengajukan pertanyaan seputar materi yang dibahas?

C.     Untuk Peserta didik kelas VIII MTs GUPPI Sumberejo
1.      Apakah anda selalu diminta oleh guru bahasa Arab untuk membaca teks bahasa Arab?
2.      Apa kesulitan anda dalam membaca teks bahasa Arab?
3.      Apakah guru bahasa Arab selalu meminta anda untuk latihan bahasa Arab?



Kerangka Dokumentasi

1.       Denah tertulis sejarah singkat berdirinya Madrasah Tsanawiyah GUPPI Sumberejo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus
2.       Daftar Guru dan Administrasi
3.       Daftar Peserta didik Kelas VIII
4.       Struktur Organisasi sekolah




KEMENTERIAN AGAMA
D:\Logo\IAIN RADEN INTAN\LOGO IAIN LAMPUNNG WARNA BARU.jpgINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
                   Alamat: Jl. Let. Kol Endro Suratmin, Sukrame I Bandar Lampung, Telp. (0721) 703289
KARTU KONSULTASI
Nama Mahasiswa      :  Saifulloh
NPM                        :  0811020019
Pembimbing I            :  H.A.Bukhari Muslim, Lc, M.A
Pembimbing II           :  Drs. Zulhanan, M.A
Judul Skripsi              :  FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs GUPPI SUMBEREJO KECAMATAN SEMBEREJO KABUPATEN TANGGTAMUS
No
Tanggal Konsultasi
Hal Konsultasi
Paraf
Pembimbing I
Pembimbing II
1
09/01/2011
Acc Proposal Judul
……………..

2
13/02/2012
Acc Proposal

……………..
3
16/02/2012
Acc Proposal
……………..

4
10/04/2012
Acc BAB I dan BAB II

……………..
5
10/04/2012
Acc BAB I dan BAB II
……………..

6
23/05/2012
Acc BAB I dan BAB V

……………..
7
31/05/2012
Acc BAB I dan BAB V
……………..


                                                                                    Bandar Lampung, 5 Juli 2012
Pembimbing I                                                               Pembimbing II


H.A.Bukhari Muslim, Lc, M.A                                 Drs. Zulhanan, M.A
NIP.19621227996031001                                           NIP.196709241996031001


[1] Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemah, Yayasan Penyelenggara penerjemah Al-Qur’an, Diponorogo, Bandng, 2008, hlm. 597 





1 komentar: